Prosthodontic

PATIENTS & VISITORS / OUR DENTAL SPECIALIST / PROSTHODONTIC

Our Dental Specialist

PROSTHODONTIC

Kehilangan satu atau beberapa gigi akan menimbulkan masalah bila tidak digantikan dengan gigi tiruan, seperti gangguan dalam berbicara, mengunyah hingga terganggunya penampilan seseorang. Gigi tiruan memiliki dua tipe yaitu lepasan/ removable denture dan cekat/fixed, yang masing-masing mempunyai keunggulan dan kekurangan. Fixed denture hanya bisa dilepas pasang dengan bantuan dokter gigi, sedangkan removable dapat dilepang pasang sendiri oleh pasien. Untuk menentukan jenis gigi tiruan yang digunakan diperlukan analisa oleh dokter gigi berdasarkan hasil pemeriksan dan konsultasi.

Fixed denture

Jenis gigi tiruan cekat atau fixed denture dapat menggantikan kehilangan satu atau beberapa gigi. Bridge yang merupakan gigi tiruan cekat sebagian atau fixed partial denture terdiri dari beberapa komponen seperti abudment yaitu gigi asli yang berfungsi sebagai gigi penyangga dan pontik yang merupakan komponen pengganti gigi yang hilang dengan jumlahnya sesuai dengan jumlah gigi yang hilang.

Proses pembuatan dan pemasangan gigi tiruan ini membutuhkan lebih dari sekali kunjungan, yang melibatkan proses persiapan gigi penyangga, pencetakan gigi, pembuatan gigi tiruan di laboratorium gigi, pemasangan hingga kontrol.

Removable denture

Removable denture atau gigi tiruan lepasan merupakan gigi tiruan yang bisa dilepas pasang sendiri oleh pasien, dan menggantikan fungsi pengunyahan serta fungsi estetik terutama pada kasus kehilangan gigi lebih dari satu. Design dan tipe dari removable denture akan ditentukan oleh dokter gigi sesuai kondisi rongga mulut pasien. Seperti gigi tiruan lainnya, pembuatan gigi tiruan removable denture melalui beberapa proses sehingga diperlukan lebih dari satu kali kunjungan. Dokter gigi akan memberikan informasi bagaimana cara penggunaan dan perawatan dari removable denture.

Crown

Crown atau mahkota gigi tiruan adalah salah satu solusi bagi masalah kesehatan dan estetik pada gigi . Crown digunakan untuk tahap akhir perawatan endodontic/perawatan saluran akar gigi dan implant gigi, bagian dari gigi tiruan jenis bridge dan memperbaiki kondisi gigi yang mempunyai bentuk serta warna yang tidak bagus. Ada beberapa macam crown yang dibedakan dari jenis bahan yaitu crown zirconia, crown porcelain, crown porcelain fused to metal dan lainnya, dimana masing-masing crown mempunyain kelebihan, kekurangan serta indikasi dan kontraindikasi pemakaiannya.

Single Visit Gigi Tiruan dengan CAD/CAM

Source: www.densplysirona.com

Perawatan dan pembuatan veneer, gigi tiruan seperti crown dan bridge bisa dilakukan pada pasien dalam satu kali kunjungan sampai tuntas dengan menggunakan perangkat CAD/CAM (computer-aided design and computer-aidedmanufacturing) sebagai teknologi chairside. pengerjaannya akan melalui beberapa tahap seperti preparasi gigi, pencetakan gigi menggunakan digital scanner yang terintegrasi dengan mesin pembuat crown atau veneer. Selain dapat sebagai solusi dari kunjungan yang berkali-kali bagi pasien, teknologi CAD/CAM juga menghasilkan suatu restorasi yang mempunyai nilai
estetik dan kekuatan yang cukup baik.

background
Specialist
web-logo-white
© Copyright 2018 J&J Dental Care. All Right Reserved

info@jnjdentalcare.co.id

Jam Operasional

Senin – Jumat: 09:00 – 21:00
Sabtu: 09:00 – 18:00
Minggu/Hari Libur: Tutup

Telepon Klinik

Greenville: 021 560 8582
Pantai Indah Kapuk: 021 5698 3540
Radio Dalam: 021 720 7877
Gading Serpong: 021 2901 5080
Batam: 0778 749 4681

WhatsAPPointment

Greenville : 0816 111 7977
Pantai Indah Kapuk : 021 9195 8787
Radio Dalam : 0812 1000 8787
Gading Serpong : 0856 9559 7878
Batam : 0811 709 9191